Life is Struggle

Tentang kehidupan, hal pertama yang ditakuti ketika betambah dewasa adalah tidak dapat menerima kenyataan hidup yang seringkali tidak sesuai dengan kehendak hati meskipun demikian kehidupan telah memberikan banyak pelajaran tentang beberapa alasan sesuatu hal  yang terkadang tidak mampu terdefinisikan.

Saat dimana kita mengetahui banyak hal namun terlambat menyadarinya, maka kehidupan yang terus berjalan selalu memberi kesempatan untuk memperbaiki semuanya. Menata kembali puingan kenangan yang belum terselesaikan atau sepenggal episode panjang yang belum menemui akhir.

Antara kehidupan dan kenyataan hidup : bahwa kehidupan merupakan suatu kesempatan hidup yang diberikan atas nama makhluk yang telah diciptakan Tuhan sehingga mutlak segala sesuatunya telah ada yang mengatur, kesemuanya yang terjadi telah digariskan atas kehendakNya. Sementara kenyataan hidup merupakan bagian takdir yang telah digariskan atas kehendak Tuhan yang seringkali tidak dapat diterima karena adanya pergolakan antara kenyataan dan kehendak hati (individual).

Dalam memaknai hidup masing-masing pribadi mungkin telah berhasil menemui kebahagiaan dalam hidupnya atas segala sesuatu yang telah diraih, namun adakalanya kehidupan yang terus berjalan ini tidak akan pernah memberikan kepuasan atas apa yang telah didapatkan artinya bahwa ketika kita mampu meraih sesuatu hal maka akan muncul keinginan lain untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dan tentunya hal itu akan selalu menmerlukan pengorbanan yang jauh lebih sulit.

Banyak pelajaran yang tertuang dalam lembaran kehidupan ; tentang pengorbanan, tentang kesempatan dan peluang, kebahagiaan dan kesedihan dll yang jikalau direnungkan seharusnya mampu membawa kita lebih bijak dalam menyikapi permasalahan yang kemungkinan muncul dimasa mendatang namun demikian terkadang kesemuanya tidak cukup memberikan bekas mendalam sehingga seringkali kita masih terjatuh dilubang sama yang bernama kesalahan.

Kesalahan yang diperbuat bisa saja dimaafkan apabila tidak akan menimbulkan kesalahan yang sama dilain kesempatan. Sehingga dalam memperbaiki kesalahan tersebut seharusnya kita mampu untuk menyakinkan khalayak bahwa kita layak untuk dimaafkan dengan segenap niatan untuk tidak lagi mengecewakan.

Jangan menghujat hujan ! karena mungkin rintikannya saja belum mampu menguyur tubuh ringkihmu
Jangan menentang ombak dilautan ! karena mungkin saja desirannya belum mampu menghanyutkan perahu kecilmu
Tentang drama kehidupan yang tak kunjung usai,maka cukup sampaikan kepada Sang pemilik nyawa…
Ada asa yang menyelinap diantara untaian doa,ada pinta yang juga tak kunjung menemui inginnya…
Karena sebagai makhluk bernyawa yang tak luput dari dosa, kehidupan telah dengan baik berhasil memainkan perannya….

#05052015

Komentar