Stories

Sebelum Jubah Kebanggaan itu Kau Kenakan

Gak akan pernah nyangka akhirnya mampu melewati fase ini. Yah mampu menyelesaikan pendidikan program diplomaku di poltekkes, suatu hal yg ‘unpredictable’ sebelumnya dengan kondisiku yang seperti ini. Meskipun demikian harus aku akui bahwa ini merupakan salah satu rahasia Tuhan yang telah Dia siapkan untukku, seorang hamba yang nyaris berputus asa karena meratapi takdirnya.
Lulus dari jenjang pendidikan diploma merupakan sebuah pencapaian yang membutuhkan perjuangan, meskipun setiap orang memiliki jalan ceritanya masing-masing namun tidak selayaknya kita saling mengumpat akan kemudahan jalan yang dilalui teman seperjuangan. Karena pada dasarnya setiap setiap kesulitan selalu beriringan dengan hadirnya kemudahan.
Progam diploma menyiapkan mahasiswa untuk siap bekerja, karena telah dibekali praktek-praktek lapangan selama masa perkuliahan, meskipun demikian tidak menutup kemungkinan pendidikan pada program ini dapat dijadikan batu loncatan untuk meneeruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Menyelesaikan pendidikan bidang kesehatan itu gampang-gampang susah, meskipun kebanyakan orang beranggapan mempermudah kelulusan namun demikian tetaplah kami membutuhkan perjuangan, mulai dari kedisiplinan, deadline yang telah dijadwalkan, seabrek laporan yang musti diselesaikan dan lain-lain.
Dari awal masuk setidaknya almamater ini telah memberikan banyak goresan untuk sekedar melengkapi catatan kehidupan, selain banyak hal yang telah diajarkan di dalam perkuliahan selebihnya adalah pilihan untuk berfikir ulang jikalau harus menjadi pegawai di kampus ini J
Tahun pertama ngampus adalah tahun2 pengenalan lingkungan kampus, termasuk pedekate ama bude kantin dan cleaning service. Seluruh kegiatan praktek yang bisa dibilang melelahkan  all out dilakukan dilaboratorium.
Tahun kedua adalah penjajakan amanah di organisasi, mulai deh jadi mahasiswa yang tiba2 terkenal karena sering berurusan sama pihak rektorat. Selain itu tahun ini adalah masa keemasan untuk mengukir prestasi bagi mahasiswa yang biasa muncul sebagai juara umum. Gimana enggak, selain banyak pembebanan tugas, praktek luar kampus mulai berdatangan, inilah yang biasa disebut ‘dines’.  
Tahun ketiga awalnya adalah sukacita karena disambut dengan penurunan bobot sks yang menandakan teori mulai sedikit ditiadakan. Namun memasuki semester genap biasanya syndrome-syndrom mahasiswa tingkat akhir mulai menyerang. Mulai dari pkl pkmd dan penyusunan tugas akhiryang dapat menyebabkan peningkatan tingkat kesetresaan disertai dengan penurunan daya tahan karena terlalu kelelahan.
Itu semua untuk apa, dengan semakin dipercepatnya kelulusan pihak kampus hanya berharap bahwa kami segera hadir ditengah- tengah masyarakat sebagai pelayan kesehatan. Semoga
“’…rakyat sehat, negara kuat’ mars yang belum sempet dihafal malah udah diusir aja dari kampusnya. Selamat WISUDA JJJ

#30072015

Komentar

Posting Komentar