Thought

source images google.com

What should I do for my Nation ?

“Kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan yang lebih baik” (Franklin D Roosevelt )

Barangkali diri kita adalah produk dari masa lalu tapi kita masih berkesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Adalah tanggungjawab menciptakan suatu bangsa yang berkemajuan dengan menghadirkan rumah untuk berkreasi bagi anak bangsa dan memberikan peluang sebesar-besarnya bagi untuk berprestasi di rumahnya sendiri.

Generasi muda adalah cerminan jiwa-jiwa yang menggelora karena semangatnya, tapi terkadang luput dari perhatian karena aspirasinya yang seringkali ‘mandeg’ oleh minimnya akses untuk di dengar para pemangku kekuasaan. Sehingga banyak anak bangsa yang lebih memilih untuk mencari kegemaran lain di luar negeri.

Beastudi ke luar negeri atau karya-karya anak bangsa yang bersliweran di kancah internasional adalah suatu fenomena yang harus kita renungi, apakah dengan menerima beastudi ke luar negeri para anak bangsa telah berhasil mengaplikasikan ilmunya di negara sendiri atau hanya berbangga karena merupakan bagian produk akademik dari luar negeri sehingga yang terjadi hanyalah membanding-bandinkan kondsi riil bangsanya dan merasa rendah diri ? sibuk berbangga dengan gaya hidupnya di luar negeri dan merasa pesimis dengan keadaan bangsanya yang baru mulai berkembang selain itu penemuan-penemuan anak bangsa yang mendapat apresiasi dari pihak internasional juga patut kita jadikan bahan evaluasi bagaimana dunia menjadi lebih peduli kepada karya-karya anak bangsa sementara pemerintah Indonesia tidak.


Lantas kalau sudah begitu apa yang dapat kita lakukan ? barangkali kita tidak dapat berbuat banyak tetapi sedikit kontribusi kita bisa lebih berarti daripada tidak melakukan apa-apa. Apapun latar belakang keilmuan kita, setidaknya kita bisa mengambil peran untuk bermanfaat bagi bangsa sendiri. Melakukan sebaik-baiknya profesi kita, berinovasi dan terus mengembangkan ide atau gagasan yang kita miliki sehingga bisa menciptakan suatu kebermanfaatan bagi bangsa dan negara. Semoga saya bukan termasuk bagian yang hanya bisa berkomentar melihat kesemrawutan bangsa ini.

Dalam perjalanan sukoharjo - mojosongo, 09/09/2017




Komentar